Ber-trance ria bersama Laskar Pelangi..

19 Nov 2008

laskar-pelangi.jpgSetelah Ayat Ayat Cinta, novel yang juga booming di versi film adalah Laskar Pelangi. Film yang sempat menjadi film wajib bagi anak-anak Sekolah Dasar ini bahkan hingga saat tulisan ini diposting mengalami full boking di beberapa bioskop 21 di kota-kota besar di republik tercinta ini.
Banyak berbagai kalangan yang mengelu-elukan filmnya, bahkan para ibu-ibu guru banyak yang sampai menitikan air mata ketika menontonnya. Sungguh fenomenal, setelah Denias memang baru Laskar Pelangi, film yang mengangkat kisah perjuangan anak-anak untuk bisa sekedar mengeyam roti renyah bernama pendidikan, bisa selaris dan digemari seperti saat ini.

Tapi bagaimanapun, karena keterbatasan durasi, sudah tentu apa yang ada di dalam novel Laskar Pelangi tidak akan bisa diceritakan sepenuhnya di dalam filmnya. Mungkin kebanyakan orang hanya baru mengenal Laskar Pelangi dari filmnya saja, boleh-boleh saja memang, daripada tak mengenal sama sekali. Tapi, kembali saya sarankan untuk juga sudi membaca novelnya.

Kenapa? Sekarang saya tak akan mencoba untuk bercerita tentang isi novel Laskar Pelangi, sekedar untuk diketahui saja bahwa novel karya Andrea Hirata ini sudah malang melintang di pasaran sejak September 2005 silam. Bahkan novel ini sempat disebut-sebut sebagai Indonesia’s Most Powerful Book. Wow, sampai segitunya ya. Sepertinya banyak orang yang ber-trance ria bersama Laskar Pelangi, baik film maupun novelnya. Trance dalam artian positif adalah semacam perubahan secara mendadak dalam pemikiran dan perilaku manusia, yang biasanya berimbas juga pada sekelilingnya.

Saya pribadi berharap agar kita tidak hanya ber-trance ria ketika menonton filmnya saja, atau ketika membaca novelnya saja. Tapi juga bisa melebar hingga dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam membantu membangun kehidupan anak-anak dan pendidikan. Apapun yang bisa kita lakukan baik dengan tangan, mulut ataupun hati saja.
laskar-pelangi.jpgJadi, bila teman-teman belum sempat membaca novel Laskar Pelangi, silahkan download e-book novel Laskar Pelangi atau klik disini. Dan jika nanti jadi ikut ketularan ber-trance ria bersama Laskar Pelangi, jangan lupa untuk comment disini ya, hehehe…


TAGS Indonesia novel book


-

Author

Follow Me