Apa Mesothelium itu?

29 Feb 2012

Saat ini ada sebuah penyakit kanker yang banyak dibicarakan di dunia. Kanker langka yang bersifat ganas, namanya kanker Mesothelioma. Sel-sel kanker ini biasanya ditemukan di mesothelium. Apa Mesothelium itu?
Mesothelium adalah selaput membrane yang melapisi dan melindungi sebagian besar organ utama pada tubuh manusia. Mesothelium terdiri dari dua lapisan sel, satu lapisan terbentuk dengan mengelilingi organ tubuh dan satu bentuk lapisan lainnya berupa kantung di sekitar organ tubuh. Mesothelium menghasilkan cairan pelumas yang dikeluarkan di antara lapisannya. Sehingga membantu dalam pergerakan organ tubuh terhadap organ rubuh di sekitarnya. Seperti pergerakan pada jantung yang berdetak dan paru-paru yang mengembang.
Mesothelium memiliki nama yang berbeda, tergantung pada lokasinya pada tubuh. Pertama, Peritoneum adalah jaringan mesothelial yang mencakup sebagian besar organ dalam rongga perut. Kedua, Pleura adalah membrane yang mengelilingi paru-paru dan garis dinding rongga dada. Perikardium mencakup dan melindungi jantung. Jaringan Mesothelial di sekitar organ reproduksi internal pria disebut tunika vaginalis testis. Sedangkan Tunika Serosa Uteri meliputi organ reproduksi internal perempuan.


TAGS health cancer mesothelium mesothelioma


-

Author

Follow Me